Posted in Buku

Melepas Luka: Sebuah Awal

Sebuah awal baru menyambut 2020 lainnya adalah lahirnya buku ini: Melepas Luka. Sebuah buku yang bisa dikatakan menjadi awal baru untuk perjalanan yang lebih panjang menuju misi menjadi seorang manusia yang lebih bermanfaat di bumi Allah ini.

Cover Buku Melepas Luka

Melepas Luka: Sebuah Perjalaann Memaafkan Ibu yang Tak Sempurna awalnya adalah sebuah proyek yang aku buat dalam rangka gerakan @bukuuntukibu. Sebuah gerakan yang menginisiasi untuk memberikan persembahan bagi ibunda tercinta. Momentum hari ibu, 22 Desember 2019 menjadi target untuk melahirkan karya yang menyajikan tentang ibu. Bebas dalam menginterpretasikan karya yang ingin disajikan, Melepas Luka menjadi sebuah karya yang berharga untukku dan para kontributornya.

Mengapa?

Ide awal buku ini adalah karena aku yang merasa tergelitik melihat beberapa kasus yang aku tangani akhir-akhir ini selalu berkaitan dengan permasalahan sang klien dengan ibunya. Membuat aku makin menyadari, ada banyak anak tidak beruntung yang memiliki ibu tidak seperti yang seharusnya. Para ibu, yang dengan tanpa sadar, malah menyisakan kesedihan dan kemarahan kepada anak-anak mereka. Tidak memberikan ruang untuk berkembang, mengekspresikan diri, dan menuntut terlalu banyak. Atas nama ibu, menanamkan luka yang tanpa sadar baru terasa ketika sang anak menjelang dewasa.

Sedih? Jelas, pasti. Setiap kali mendengar cerita-ceritanya aku rasanya seperti menelan pil pahit. Benarkah ada orang tua yang demikian di dunia ini?

Tentunya ada karena aku berhadapan dengan jelas para anak dengan orang tua demikian. Meskipun usia mereka bukan lagi anak-anak, mereka tetap anak bagi ibu mereka. Dan luka itu, sungguh menyisakan hati yang harus diselamatkan. Mengharuskan mereka untuk keluar dari lembah beragam gangguan psikologis, seperti depresi dan kecemasan.

Melepas Luka lahir sebagai ikhtiar untuk membantu mereka yang merasa terluka atas apa yang dilakukan orang tua, terutama ibu. Sosok yang seharusnya memberikan cinta kasih tanpa syarat. Sosok yang seharusnya mengajarkan cara mencintai sesama. Ibu, yang seharusnya menjadi cinta pertama dan cinta selama-lamanya.

Daftar isi buku Melepas Luka

Melepas Luka lewat sebuah perjalanan memaafkan mungkin tidaklah mudah. Namun, aku mencoba mengemasnya sedemikian rupa agar buku ini tidak hanya menyajikan cerita dari mereka yang sudah memulai perjalanan itu, tetapi juga sebuah cara yang dapat dilakukan dalam proses memaafkan. Dengan demikian, buku ini bisa dibaca tidak hanya untuk orang-orang yang mau memaafkan ibundanya, tetapi juga memaafkan secara umum.

Alhamdulillah, beberapa orang yang sudah membacanya memberikan respon positif terhadap buku ini. Dan sebagai penulis, inilah harta yang tak ternilai yang bisa didapatkan dari karya.

Semoga ke depannya bisa menuliskan lebih banyak buku yang dapat membantu orang lain. Sebagai ikhtiar untuk sebuah misi membantu lima juta orang untuk memaafkan dan menerima diri.

Terlihat muluk? Namun, siapa tahu itu bisa menjadi bekal untuk berhadapan dengan-Nya nanti di hari kemudian.

Author:

An INFJ, Adult Clinical Psychologist, Mom of Three Adorable Kids, Writing Enthusiast, Long-life Learner.

One thought on “Melepas Luka: Sebuah Awal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s